Dinas Pertanian Boltim Pacu IB Untuk Ketersediaan Protein Hewan

0
132
Mat Sunardi

Penulis: Sunadio Djubair


Tutuyan – dalam rangka mewujudkan ketersediaan protein hewan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaan Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian dan Bidang Peternakan melakukan kegiatan Inseminasi Buatan (IB) Senin (30/5/2022).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian Mat Sunardi. Kata dia, untuk pelayanan dan Pemeriksaan, Kebuntingan dilakukan pemberian vitamin B comex agar sapi betina berproduksi dengan baik setiap tahun.

“Dimaksud dalam bentuk pelayanan
IB, PKB Pemeriksaan Kebuntingan dan pendataan kelahiran anak sapi pedet dalam pelayanan keswan dilakukan pula pemberian vitamin seperti B comex untuk menjaga stamina, meningkatkan napsu makan hal ini dilakukan dengan tidak memungut biaya,” ujar Sunardi.

“Dengan dilakukanya IB pada sapi betina produktif diharapakan setiap 1 ekor sapi betina akan melahirkan pedet 1 ekor pertahun, dengan kualitas mutu genetik yang unghul dan produkasi daging yang tinggi dibanding sapi lokal. Adapun jenis semen beku (sperma sapi) a.l. sapi PO, sapi bali,” sambung Sunardi.

Lanjut Sunardi simental sapi dan kualitas yang telah ditargetkan untuk  Tahun 2022 bisa mencapai 300 Ekor PKB 7 Kecamatan Kabupaten Boltim.

“Sapi simental, sapi brangus dan lemosin yang berasal dari BBIB /Balai besar inseminasi buatan lembang, dan kabupaten Singosari yang  telah teruji kualitasnya ada target tahun 2022 di Kabupaten Boltim 300 ekor IB, 275 PKB, 250 kelahiran dengan capaian
Sampai saat ini IB 271 ekor  PKB 98 ekor, kelahiran 145, di 7 kecamatan,” jelas Sunardi. (Young)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here