Yusri: Aplikasi Dapodik Wajib Dipahami Kepsek

0
295

Penulis: Sunadio Djubair

Tutuyan– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), gelar rapat terkait Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Agenda yang dihelat di ruang rapat Disdikbud itu, dihadiri seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Boltim, Senin (25/8/2020).

Kepala Dinas Dikbud Boltim, Yusri Damopolii dalam sambutannya menegaskan, seluruh Kepsek harus paham tentang aplikasi Dapodik dan harus mampu dari semua aspek.

“Saya sampaikan kepada kepala-kepala sekolah agar harus memahami aplikasi Dapodik dan peran dari operator. Ini tidak susah kalau kepala sekolah memahami,” tegas Damopolii.

Menurutnya, jika aplikasi Dapodik masa waktunya habis, otomatis sudah tidak bisa mengirim data. “Nah kalau sudah selesai masa waktu dari aplikasi Dapodik itu, sudah tidak ada lagi data yang masuk di aplikasi. Sehingga bagaimana caranya harus selesai. Mohon tidak ada alasan terkait jaringan karena dari semua indikator, itu tidak menjadi penghalang, sebab kalau tidak paham terkait masalah ini, tidak menutup kemungkinan tahun 2021 sekolah jadi gagal sebab tidak ada dana yang masuk termasuk BOS
(bantuan operasional sekolah, red),” kata Damopolii, sembari berharap para Kepsek harus proaktif terkait aplikasi Dapodik. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here