Warga Leleko Kesulitan Air Bersih

0
382
Frankie Tumimomor

Penulis: Josua Wajong

Tondano – Sudah cukup lama kompleks Perumahan Patalingaan, Desa Leleko, Kecamatan Remboken, minim suplay air bersih. Persoalan itu kembali disuarakan tokoh masyarakat setempat.

“Kurangnya air bersih tentu sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat. Sudah sekian lama kampung Patalingaan Remboken ini sulit mendapatkan air bersih,” kata salah satu tokoh masyarakat Desa Leleko, Frankie Tumimomor, Senin (8/4/2021).

Menurutnya, warga pemukiman di wilayah perumahan itu terkadang membeli air dari jasa penjual air. Bahkan harus berjalan kaki untuk mengambil air di mata air terdekat di sekitar pemukiman.

“Dulu sempat ada instalasi air PDAM. Namun karena air PDAM tak kunjung disuplay, akhirnya pipa yang dipasang mulai rusak dan tak bisa difungsikan,” terang Tumimomor.

Persoalan di lokasi Dusun 4 Leleko tersebut, lanjut Tumimomor, awalnya telah dibawa ke dalam rapat musyawarah desa. Namun hinggah kini masih belum ada realisasi. Kemungkinan menghadapi kendala.
Disebutkan, di wilayah Perumahan Patalingaan juga terdapat beberapa gereja, sekolah, dan kantor polisi Sektor Remboken. Fasilitas publik tersebut tentunya sangat memerlukan air bersih.

“Pernah saya mengusulkan ke PDAM untuk menyuplai air bersih sekitar 2 tangki, saya mengkomunikasikan dengan petugas PDAM dan langsung diantar. Dan puji Tuhan, saat itu boleh dimanfaatkan masyarakat,” ucapnya.

Untuk itu, Tumimomor berharap, ke depan kebutuhan air bersih di wilayah tersebut boleh mendapat sentuhan dari berbagai instansi terkait.

“Ya, kami berharap ke depan boleh menjadi prioritas dan perhatian berbagai pihak yang peduli dengan wilayah krisis air. Bukan hanya Desa Leleko namun juga desa-desa lainnya di Remboken,” kuncinya. (Imanuel Kaloh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini