Tingkatkan Hasil Pertanian, Kodim Bolmong Kerahkan Babinsa Bantu Masyarakat

0
293

Penulis : Sunadio Djubair

Lolak – Guna membantu petani dalam mengembangkan dan meningkatkan hasil pertaniannya, Komando Distrik Militer (Kodim) 1303/Bolaang Mongondow (Bolmong) kerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk turun ke lapangan membantu masyarakat.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1303-04/Lolayan Sersan Dua (Serda) Dikson Ijon Muloko bersama petani turun ke sawah membajak lahan pertanian dengan menggunakan Handtraktor, Senin (2/11/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Tungoi Satu, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dengan luas lahan mencapai satu hektar milik Sutomo Kobandaha.

Serda Dikson Ijon Muloko mengatakan, Dengan adanya Kelompok Tani sejalan dengan adanya pendampingan pertanian yang dilakukan Babinsa.

“Komitmen pendampingan kepada petani tersebut, merupakan bukti Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD,red) benar-benar menjalankan tugasnya dalam menjaga Ketahanan Pangan Nasional,” ucapnya.

Untuk itu pada percepatan masa tanam kali ini, Babinsa Serda Dikson menyikapinya dengan turun langsung ke lapangan untuk membantu petani membajak sawah menggunakan Handtraktor.

“Dengan adanya pendampingan Upaya Khusus, penyiapan lahan kepada petani diharapkan dapat mempercepat musim tanam agar hasil panen menjadi maksimal,” tutur Serda Dikson.

Di tempat terpisa,

Babinsa Koramil 1303-12/Sangtombolang, Kopda Richard Baramuli, bersama petani melakukan perawatan tanaman jagung di lahan milik Hengky Bawelenf yang bertempat di Desa Bolangat Timur, Kecamatan Sangtombolang Kamis (5/11/2020).

Perawatan tanaman jagung ini dilakukan dengan melaksanakan penyemprotan Herbisida sebagai upaya untuk membasmi rumput atau gulma di tanaman jangung yang sedang dalam masa pertumbuhan itu.

Kopda Richard Baramuli, yang merupakan Babinsa di Desa setempat mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya menyukseskan progam pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan khususnya komoditi jagung di wilayah Kecamatan Sangtombolang.

“Pendampingan pertanian sekaligus membantu penyemprotan lahan jagung ini juga, merupakan upaya kami sebagai Babinsa dalam membantu petani dalam melakukan perawatan tanaman jagung agar capaian hasil produksi nantinya dapat diperoleh dengan maksimal,” ucap Kopda Richard.

Ia berharap, dengan penyemprotan yang sering di lakukan itu, mudah-mudahan hama tanaman jagung bisa hilang dan tanamannya dapat subur sesuai yang diharapkan. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here