Tim Pengabdian Faperta Unsrat Bantu Petani Mitra Kembangkan Usahatani

0
524

Penulis: Rikson Karundeng

Ratahan – Gerak pengabdian bagi masyarakat digulir Tim Pengabdian Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado. Kali ini, Desa Minanga I, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, jadi target implementasi salah satu tugas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi ini.

Pengabdian kepada masyarakat bertajuk ‘PKM Kelompok Tani Tekad Bersama di Desa Minanga I Kecamatan Posumaen Kabupaten Minahasa Tenggara’ ini dilaksanakan 28 Oktober 2020. Hadir dalam kegiatan tersebut, ketua dan anggota kelompok tani, didampingi Aparat Desa Minanga I.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para petani, baik sebagai individu maupun kelompok untuk dapat mengembangkan kegiatan usahatani padi sawah,” kata Ketua Tim Pengabdian, Yolanda Pinky Rori, Jumat (30/10).

Menurutnya, dalam kegiatan tersebut narasumber yang mendampingi tim pengabdian juga menyampaikan beberapa hal terikait penguatan lembaga kelompok tani agar seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok dapat terkontrol dan dimanage dengan baik.

“Hal lain yang juga disampaikan yaitu beberapa cara untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman padi sawah. Mulai dari kenali, amati dan kendalikan agar bisa diperoleh cara mengatasi hama tersebut. Itu tips yang disampaikan oleh narasumber dan tim pengabdian Fakultas Pertanian Unsrat, Manado,” papar Rori. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini