SD Katolik 1 Tomohon Hadapi Pandemi dengan Daring, Luring dan Guling

0
480
Paula Najoan

Penulis: Josua Wajong

Tomohon – Sekolah Dasar (SD) Katolik 1 Tomohon memakai 3 metode dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di saat pandemi Covid-19 ini. Kepala Sekolah Paula Najoan, S.Pd., menjelaskan hal tersebut kepada media ini, Senin (26/10/2020), di ruang kerjanya.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami SD Katolik 1 Tomohon memakai tiga metode pembelajaran. Pertama lewat daring (dalam jaringan), luring (luar jaringan), dan guling (guru keliling),” kata Najoan.

Ia juga menegaskan, proses PJJ dengan menggunakan 3 metode ini terus dipantau dengan ketat.

“Saya sebagai atasan memantau secara langsung kegiatan tersebut. Tujuanya karena sangat peduli akan PJJ ini,” sebut Najoan.

Di samping itu, menurutnya ada juga kegiatan tatap muka (TTM) yang dilakukan pihak sekolah.

“Pelaksanaan TTM dengan siswa ini sudah diatur per kelompok minimal 5 orang siswa dan durasi hanya 30 menit,” jelas Najoan.

Mengantisipasi kendala yang terjadi saat TTM, Najoan mengatakan, ini dikembalikan sepenuhnya kepada orang tua siswa. Jika dizinkan maka orang tua harus buat kesepakatan dengan pihak sekolah.

“TTM ini memang sudah dilangsungkan namun ada juga kendala beberapa siswa yang tidak diberi izin oleh orang tua mereka. Sedangkan siswa-siswa yang sudah diizinkan, telah membuat surat pernyataan. Tujuanya supaya tidak ada intervensi dari orang tua siswa kepada pihak sekolah,” tandas Najoan.

Diketahui, kegiatan PJJ ini ditugaskan kepada wali-wali kelas dan sudah dilaksanakan semenjak bulan Maret 2020, pada minggu yang ke-3. Pihak sekolah mengakui, hingga saat ini proses tersebut berjalan dengan baik. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini