Ramu Tiga Variabel, Petarung Sukses di Pilkada

0
319
Taufik Tumbelaka

Penulis: Eka Egeten

Manado – Ada banyak variabel yang perlu diperhatikan agar meraih hasil maksimal dalam pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Tiga di antaranya yaitu, figur, strategi dan kesolidan tim dalam bekerja.

Pendapat itu diungkapkan pengamat politik, Taufik M. Tumbelaka. Menurutnya, pasangan yang dapat meramu 3 variabel itu dengan sangat baik, maka probabilitas kemenangannya akan lebih tinggi.

“Figur yang baik perlu strategi yang tepat agar dapat diperkenalkan dan ditawarkan dengan baik kepada publik. Strategi yang baik akan mencapai harapan jika ada kesolidan tim pemenangan dalam menjalankan di lapangan,” ucapnya, Selasa (16/6).

Alumni Fisipol Universitas Gajah Mada ini mengungkapkan, salah satu yang perlu diwaspadai oleh para figur yang akan maju di Sulut adalah lepas kontrolnya anggota tim pemenangan atau simpatisan maupun pendukung sehingga merugikan sang figur.

“Salah satunya adalah kampanye hitam dan kampanye negatif kepada lawan politik, justru berpotensi hilangnya simpati publik kepada figur yang didukung. Semisal tim pemenangan atau simpatisan atau pendukung si A melakukan kampanye hitam atau kampanye negatif kepada figur B, maka akan timbul potensi si A kehilangan pesona dengan muara menurunnya popularitas dan elektabilitas,” lanjutnya.

“Hal ini dikarenakan daerah seperti Sulawesi Utara mempunyai kearifan lokal spesifik dan pendekatan kekeluargaan plus kekerabatan yang kental. Jadi kedepankan etika politik,” tandasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini