Puluhan RTLH Desa Buladu Terendam Banjir

0
606

Penulis: Sunadio Djubair

Tutuyan – Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sejak Minggu malam (16/5/2021), mengakibatkan sekira 60 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Masyarakat Desa Bulawan Dua (Buladu), Kecamatan Kotabunan, terendam banjir.

Berdasarkan keterangan salah satu masyarakat Buladu, ada sekita 60 RTLH yang terdampak banjir.

Menurutnya, selain curah hujan yang cukup tinggi, banjir yang melanda di Lingkungan Buladu ini juga disebabkan luapan drainase di wilayah setempat.

“Awalnya ketinggian banjir pada pukul 6.00 WITA mencapai satu meter, hingga pukul 9.00 WITA air mencapai ketinggian dua meter hingga mengakibatkan aktivitas warga setempat terganggu,” ucap salah satu warga masyarakat Bulawan Dua, yang tak mau namanya di tulis.

Ia mengatakan, banjir terjadi akibat luapan drainase yang ada di wilayah setempat, “tetapi kini sudah mulai agak surut mencapai sekitar 40 sentimeter, pada pukul 11.00 WITA,” terangnya.

Pantauan Inatara.com, Sangadi (Kepala Desa-red), Irawan Mangkialo S.IP., bersama masyarakat sekitar langsung membersihkan lokasi yang tergenang air, serta terlihat bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim berupa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tiba di lokasi kejadian. (Yong)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini