Program Kecamatan Tomohon Utara Sejalan dengan Program Nasional

0
497

Penulis: Reynold Rengkung

Tomohon – Kecamatan Tomohon Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Kakaskasen II, Senin (8/2/2021).

Musrenbang di tiap-tiap Kelurahan di Tomohon Utara telah merangkul semua aspirasi dari masyarakat tiap Lingkungan, yang kemudian disesuaikan dengan visi dan misi serta program unggulan wali kota dan wakil wali kota Tomohon terpilih.
Hal itu disampaikan Camat Tomohon Utara, Ir. Martine Mamesah, M.Si.

“Otomatis kalau dia nyambung istilahnya, masuk nanti dalam dokumen perencanaan, itu akan terlihat benang merahnya dia nyambung nda dengan program unggulan gubernur, presiden, seterusnya,” ujarnya.

Menurut Mamesah, Tomohon Utara punya potensi di sektor pertanian yang merupakan leading sektor (sektor unggulan) di kota Tomohon, yaitu budidaya bunga dan tanaman perkebunan. Hal ini sejalan dengan program wali kota dan wakil wali kota Tomohon terpilih dan program nasional di sektor pertanian soal ketahanan pangan.

“Wali kota terpilih punya konsentrasi terhadap ketahanan pangan. Ketahanan pangan ini sinkron dengan program nasional Pak Jokowi, juga sinkron dengan program pemerintah provinsi. Jadi torang pe program di tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, tingkat kota, harus nyambung juga. Jadi program pertanian torang punya lahan, torang punya potensi,” tandas Mamesah.

“Jadi intinya semua program perencanan, program pembangunan, itu harus sinkron, bersinergi. Supaya torang pe usulan bisa direspons oleh kota, bisa direspon oleh provinsi,” tutupnya. (Son)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here