Pemkab Boltim Ucapkan Selamat Datang Kepada Jajaran Civitas Akademika Unika Manado

0
330

Penulis: Sunadio Djubair

Tutuyan – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos., diwakili oleh Asisten 1 Pryamos, S.H., menerima Mahasiswa Universitas Katolik (UNIKA) DE LA SALLE MANADO Tahun 2021 dalam rangka penerimaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), bertempat di Aula Lantai III Kantor Bupati Boltim, Senin (17/5/2021).

Mengawali sambutannya Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mengucapkan selamat datang kepada jajaran Civitas Akademika Universitas Katolik (unika) Manado termasuk para mahasiswa – mahasiswi yang berjumlah Seratus tujuh belas (117) orang yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Bolaang Mongondow Timur tepat di Kecamatan Moat.

“Kami juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak UNIKA Manado yang telah memilih kabupaten Bolaang Mongondow Timur untuk pelaksanaan KKN kali ini. ucap Pryamos.

“Kita ketahui bersama bahwa program kuliah kerja nyata (KKN) seperti ini pasti dijumpai disetiap perguruan tinggi dimanapun di indonesia, kegiatan KKN merupakan salah satu wujud menjalankan TRI DARMA perguruan tinggi dalam pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah didapatkan selama perkuliahan,” sambungnya.

Terpenting dalam kegiatan ini lanjutnya, adalah merupakan wujud nyata mahasiswa dalam menyesuaikan kehidupan antara dunia kampus dan laur kampus yakni bersosial, budaya ekonimi dan geografis suatu daerah.

“Mengenai kondisi sosial budaya masyarakat Bolaang Mongondow Timur sebagai bekal untuk menjalankan program atau melakukan bahkan pelayanan kepada masyarakat adik-adik perlu ketahui bahwa budaya masyarakat Bolaang Mongondow Timur secara umum mengambarkan nilai filosofi yang dinamakan “POGOGUTAT” (Rasa persaudaraan yang kuat) yang mana masyarakat menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan saling bantu-membantu, gotong royong (momosad) dalam segala aspek kehidpuan suka maupun duka,” terangnya.

“Ini dijabarkan dalam MOTO masyarakat bolaang mongondow timur yang disebut “MOTOTOMPIAN (saling memperbaiki) MOTOTABIAN (saling menyayangi) DAN MOTOTANOBAN (saling mengingatkan),” ucapnya.

Pesan bupati yang disampaikan oleh asisten 1 kepada mahasiswa, pertama tanamkan dalam diri kalian bahwa program KKN merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat sehingga saudara dapat ikhlas dan totalitas memberikan ilmu yang bermanfaat dan berhasil guna terhadapat masyarakat.
Kedua melalui KKN ini diharapkan juga agar mahasiswa dapat menjadikan sebagai pemblajaran dan pemberderyaan kepda masyarakat melalui program yang telah disiapkan oleh kampus sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat desa serempat. Ketiga diharapkan mahasiswa dapat membangkitkan partisipasi dan pengetahuan masyarakat dalam berbagai bidang utamanya bidang teknologi dan informasi. Keempat mahasiswa dapat memberikan bantuan ide dan pikiran dalam perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunan sehingga cara berfikir, bersikap dan bertindak masyarakat akan lebih tertingkatkan sesaui dengan perencanaan/ program pembangunan yang sudah direncanakan di desa masing-masing. Pesannya Dihadapan mahasiswa KKN. (Yong)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini