Panggul Keranda, Guratan Takjub Netizen Menyentuh Sahrul Mamonto

0
606

Penulis: Matt Rey Kartorejo

Mengikuti pemakaman adalah satu dari lima hak Muslim atas Muslim yang lain. Menjawab salam, menjenguk orang sakit, memenuhi undangan, mendoakan orang yang bersin, serta mengikuti pemakaman.

Senin, 15 Februari 2021, bupati terpilih Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sahrul Mamonto (SSM), melayat di rumah duka salah satu warga di Desa Modayag. Alul, sapaan akrab SSM tertangkap kamera ikut mengusung jenazah untuk dibawa ke tempat pemakaman. Banyak masyarakat  yang tercengang ketika melihat postingan di salah satu akun facebook milik Edmon Mamonto.

Dalam postingan tersebut, terlihat jelas Alul menggunakan kemeja lengan panjang berwarna putih, dipadukan dengan celana panjang hitam serta memakai peci hitam.  Ia tampak begitu ikhlas mengusung keranda ke tempat penguburan.

Fenomena itu memantik netizen untuk mencoret dinding komentar facebook milik Edmon Mamonto itu. Beragam anotasi positif dari netizen menyebul. Rasa bangga dari orang-orang yang aktif terlibat dalam komunitas maya ini tak tertahan, menyaksikan apa yang baru saja mereka lihat.

“Turut berduka cita. Salut buat Pak Bupati terpilih, Sam Sahrul Mamonto,” tulis Utung Mamonto Mangkulo, di kolom komentar.

“Memang luar biasa,” sambung Fitra Gumalangit.

Hal yang dilakukan Sam Sahrul Mamonto ini diangggap sesuatu yang sangat luar biasa. Netizen mengaku bangga mempunyai pemimpin seperti pria yang akrab disapa Papa Icat ini. Harapan dan doa pun mengalir kencang.

“Luar biasa, bangga punya pemimpin seperti ini (Sam Sahrul Mamonto). Sehat terus, tidak berubah seperti di KPU. Dan saya pernah merasakan begitu adilnya senior, apalagi urusan kesejahteraan,” tulis Sofyan Abdjul dalam kolom komentar.

“Salut buat Bapak Bupati Boltim terpilih. Semoga menjadi contoh bagi yang lain,” timpal Ferry Lexy Kawuwung.

Catatan yang sama dituangkan warga net lainnya. Mereka menilai apa yang dilakukan Sam Sahrul Mamonto itu patut dijadikan teladan dan contoh yang baik bagi publik Bolaang Mongondow Timur.

“Contoh yang baik untuk masyarakat Boltim,” gores salah satu mantan pejabat Boltim, dalam kolom komentar.

Dr Muhammad Ali al-Hasyimi, dalam bukunya berjudul ‘The Ideal Muslim’, menerangkan bahwa anjuran menghadiri pemakaman berguna untuk menguatkan ikatan persaudaraan dan memperdalam rasa kesetiaan di antara mereka. Melalui keikutsertaan ini, keluarga yang ditinggalkan juga akan merasa nyaman, terhibur, dan terbantu dalam menghadapi kehilangan anggota keluarga mereka dengan sabar dan ikhlas.

Semoga apa yang dilakukan Bupati Boltim terpilih ini, akan menguatkan ikatan persaudaraan di daratan Timur Totabuan yang kita cintai ini. Dan bagi keluarga yang ditinggalkan akan merasa terhibur, amin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here