Pandemi, SD GMIM 7 Tomohon Kreasikan Berbagai Metode Pembelajaran

1
1287
Jenny K. Potu

Penulis: Josua Wajong

Tomohon – Saat pandemi Covid-19 sementara berkecamuk, Sekolah Dasar (SD) GMIM 7 Tomohon melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah Jenny K. Potu, S.Pd., kepada media ini, Senin (2/11/2020), di ruang kerjanya.

Dijelaskan, selain dilangsungkan lewat daring (dalam jaringan), sekolah ini juga menggunakan metode lain untuk bisa menjangkau anak didik.

“PJJ di sekolah kami dilaksanakan via daring (dalam jaringan). Kita juga melakukan metode luring (luar jaringan), dan guling (guru keliling),” kata Potu.

Ia mengungkapkan, peran para guru maupun pihak sekolah tentu sangat penting untuk keberlangsungan PJJ.

“Pihak sekolah maupun guru-guru terus berupaya semaksimal mungkin, tujuanya supaya PJJ ini berlangsung dengan baik,” ungkap Potu.

Di samping itu ia mengatakan, ada juga kegiatan tatap muka (TTM) yang dilakukan pihak sekolah, khusunya bagi siswa kelas satu, untuk pembelajaran membaca, mengitung dan menulis .

“Pelaksanaan TTM dengan siswa ini sudah diatur per kelompok. Setiap harinya minimal 5 orang siswa, khususnya bagi siswa-siswa kelas satu,” terang Potu.

Mengantisipasi kendala yang terjadi saat TTM, menurutnya ini dikembalikan sepenuhnya kepada orang tua. Jika diizinkan, maka orang tua harus buat kesepakatan dengan pihak sekolah.

“TTM ini memang sudah dilangsungkan namun ada juga kendala beberapa siswa yang tidak diberi izin oleh orang tua mereka. Sedangkan siswa-siswa yang sudah diizinkan, telah membuat surat pernyataan dengan pihak sekolah,” jelas Potu.

Diketahui guru-guru SD GMIM 7 Tomohon telah melakukan bimbingan teknis (bimtek) untuk kelangsungan PJJ. (*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here