Montolalu: Berharap Banyak Perempuan Minahasa Terlibat Pelestarian Budaya

0
1880

Penulis: Josua Wajong

Tomohon – Kawasaran adalah seni tradisi Minahasa yang penting untuk dilestarikan. Di kalangan pemuda sekarang ini, Kawasaran dipercaya sebagai hal positif yang mampu menambah kepercayaan diri.

Hal itu dikatakan Fernanda Montolalu. Perempuan asal Sarongsong, tepatnya di Kelurahan Tumatangtang Satu, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

“Dulu tidak percaya diri, sekarang lebih percaya diri. Banyak hal positif yang didapatkan melalui Kawasaran, bahkan materi-materi tentang budaya, sharing, dan masih banyak lagi,” tuturnya saat diwawancarai usai pengukuhan Pengurus Daerah Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Tomohon, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan, dirinya mulai terlibat dalam Kawasaran sejak masuk di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Tepatnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Santa Familia Tomohon.

“Saya ikut Kawasaran pertama kali sejak masuk SMK,” lanjut Nanda, sapaan akrabnya.

Diakuinya, awal keterlibatannya dalam kegiatan tersebut hanya sebatas suka, dan untuk memenuhi kegiatan extrakurikuler (exskul) di sekolah. Tapi lama-kelamaan dirinya mulai tergerak.

“Waktu itu karena suka dengan untuk memenuhi kegiatan exskul yang ada di sekolah,” ucap Nanda.

“Tetapi setelah saya mengikuti tarian Kawasaran, saya justru merasa tergerak. Jadi saya selalu ambil bagian bersama teman-teman saya di kegiatan luar sekolah karena itu salah contoh untuk melestarikan kebudayaan Minahasa,” lanjut perempuan kelahiran 16 Desember 2001 ini.

Ia berharap, semoga lebih banyak lagi kesadaran dari tou (orang) Minahasa, khususnya kaum perempuan, akan pentingnya melaestarikan kebudayaaan Minahasa.

“Semoga para pemudi yang ada di Minahasa ini boleh ambil bagian dalam gerakan melestarikan budaya. Tidak malu mengakui budaya Minahasa, dan mempunyai semangat yang tinggi untuk selalu memperjuangkan apa yang sudah menjadi warisan para leluhur. Kalau bukan kita siapa lagi yang harus melestarikan budaya kita,” kunci Nanda dengan penuh harap. (Son)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here