Catut Nama Kapolres, URC Totosik Gagalkan Penipuan Terhadap Bindan Taratara

0
696

Penulis: Josua Wajong.

Tomohon – Tim Khusus (Timsus) Unit Reaksi Cepat (URC) Totosik Polres Tomohon telah melakukan penangkapan di bundaran patung Opo Dotu Tololiu, Kelurahan Matani Tiga, Kecamatan Tomohon Tengah, Jumat (5/3/2021), sekitar Pukul 15.00 Wita. Pelaku penipuan dan pemerasan yang mengatasnamakan Kapolres Tomohon, berhasil diciduk.

Pelaku tertangkap tangan di saat korban diajak pelaku untuk bertemu dalam rangka menyerahkan uang hasil pemerasaan dan laporan informasi.

Korban penipuan tersebut, JS alias Jun (31), warga Taratara Satu, Kecamatan Tomohon Barat. Sedangkan pelaku penipuan masing-masing FT alias Eddy (58), warga Dirgantara Perma Bekasi, Kecamatan Jatiasih, dan RM alias Rio (26), warga Paleloan, Kecamatan Tondano Selatan.

Kepala Tim (Katim) Totosik Aipda yanny Watung menjelaskan, berawal dari informasi dari korban, bahwasannya ia didatangi seseorang yang mengaku dari pihak Kepolisian Polres Tomohon, dan merupakan orang kepercayaan Kapolres Tomohon. Tujuannya, untuk melakukan penyelidikan terkait situasi di Puskesmas Taratara, di tempat korban bertugas selaku tenaga kesehatan.

“Selanjutnya korban menghubungi pihak kepolisian, dalam hal ini Tim Totosik, untuk menceritakan masalah tersebut,” kata Watung.

“Tepat pada hari Jumat, tanggal 5 Maret 2021, sekitar pukul 15.00 Wita, korban mencoba membujuk pelaku untuk datang mengambil sejumlah uang di Tugu Matani, di mana anggota Tim sudah tersebar sambil memonitor kedatangan pelaku. Menurut informasi dari korban, pelaku menggunakan kendaraan roda empat merek Xenia warna merah, nomor Polisi DB 1967 FB,” lanjut Watung.

Dijelaskannya, sikitar setengah jam menunggu, akhirnya pelaku berhasil digerebek Timsus URC Polres Tomohon.

“Selang setengah jam kemudian, kendaraan pelaku termonitor tiba dan langsung memarkirkan kendaraan di depan salah satu toko meubel. Ketika korban menghampiri mobil tersebut untuk memastikan keberadaan pelaku, di saat itu juga tim langsung bergerak melakukan penggerebekan terhadap pelaku Mario di dalam kendaraan,” ungkap Watung.

Namun berdasarkan keterangan pelaku, masih ada pelaku lainnya yang sedang menunggu di salah satu rumah yang berada di Kelurahan Matani Satu, Kecamatan Tomohon Tengah.

“Tim bersama pelaku Mario langsung bergerak menggunakan kendaraan pelaku, menuju ke Kelurahan Matani Satu. Dan tanpa perlawanan berhasil mengamankan pelaku kedua, Freddy di salah satu rumah yang merupakan rumah pacarnya,” terang Watung.

“Selanjutnya, kami melakukan introgasi singkat dan penggeledahan. Kemudian membawa pelaku beserta barang bukti ke Mako Polres Tomohon, guna penyelidikan lebih lanjut. Beserta barang bukti berupa, kendaraan R4 Xenia merah dengan DB 1967 FB yang digunakan pelaku, sejumlah dokumen -dokumen fiktif. Dan tanda pengenal serta identitas palsu,” tutup Watung. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here