Buffon dan Akselerasinya di Bawah Mistar Gawang

0
498

Penulis: Matt Rey Kartorejo

Pemain sepak bola profesional asal Italia, Gianluigi Buffon adalah sosok penjaga gawang yang sangat luar biasa. Kiper bernomor punggung 1 ini, kerap membuat para pengagumnya terkesima saat melakukan penyelamatan-penyelamatan dibawa mistar gawang yang ia kawal.

Penjaga gawang utama tim Nasional Italia ini saat melakukan aksinya, klub yang dibelanya mampu terhindar dari kebobolan. Berkat kepiawaiannya di bawah mistar gawang, klub Juventus kerap terhindar dari kekalahan.

Masih ingat penyelamatan Buffon di laga Juventus Vs Newcastle?

Tahun 2000an, aksi Buffon saat Bianconeri melawan Newcastle masih terngiang dalam pikiran. Selain membuat klubnya menang, pemain yang akrab disapa Gigi ini juga menciptakan dua penyelamatan yang fenomenal.

Bufon saat menghalau tendangan bebas super kencang dari Alan Shearer, lalu ia kembali selamatkan gawang Juve dari aksi soloran pemain Newcastle Solano. Hal terakhir sampai membuat ia terbang menahan tendangan lengkung yang tingkat kesulitannya berada dalam level ‘neraka’.

Pemain dengan tinggi 1,92 meter ini
acap kali melakukan penyelamatan-penyelamatan, sepertinya  di luar nalar manusia.

Dilansir dari Boombastis, Tahun 2016, tendangan pemain Lyon di laga Liga Champions berhasil dihalau. Di pertandingan lanjutan Liga Champions tahun 2016, aksi edan Buffon kembali terjadi kala Juventus melawan wakil Inggris Tottenham. Saat itu pemain kelahiran 20 Januari 1978 ini menahan tandukan jarak dekat Harry Kane yang kira-kira berada di 1 meter dari posisinya. Meski begitu sulit, tapi berkat pengalaman dan responnya yang jempolan Gianluigi Buffon sukses hindarkan Bianconeri dari kemasukan Gol. Bahkan berkat penampilan ciamiknya, Si Nyonya Tua terhindar dari kekalahan.

Berbicara penyelamatan di final,  pemain yang dibeli dari Parma pada 2001 ini, juga menunjukkan kegemilangannya di Piala Dunia 2006. Ketika itu aksi gila Buffon menyelamatkan sundulan dari Zinedine Zidane. Bola tandukan mantan pemain Juventus itu tergolong kencang dengan bola mengarah pada sudut atas gawang Buffon. Tapi, lewat akselerasi dan respons cepatnya Buffon berhasil hindarkan bola masuk ke gawang Italia. Ketika itu juga berkat kontribusi besarnya Italia sukses meraih trofi Piala Dunia keempatnya.

Banyak yang mengatakan soal penyelamatan pemain kelahiran Carrara Italia ini sudah tidak diragukan lagi. Buffon adalah penjaga gawang fantastis yang pernah ada. (*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here